INDAHNYA BERPERILAKU AMANAH "AQIDAH AKHLAQ 4"

 INDAHNYA BERPERILAKU AMANAH




Amanah adalah sifat mulia sehingga amat disayangkan jika sebagai seorang muslimin kehilangan sifat mulia ini. Allah Swt dan Rasul-Nya Saw telah memerintahkan kepada setiap muslim untuk menunaikan amanah. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, kita hendaknya senantiasa berusaha sungguh-sungguh agar dapat menunaikan dan menjaga amanah dengan sebaik baiknya.


AYO MENGAMATI


Beberapa hari yang lalu Zakaria tidak mengikuti pelajaran Akidah Akhlak karena latihan tilawah untuk menghadapi lomba tingkat Provinsi. Banyak pelajaran Akidah Akhlak yang tertinggal. Hari ini Zakaria bermaksud meminjam buku catatan Akidah Akhlak kepada temannya Husen.
“Husen bolehkah saya meminjam buku catatan Akidah Akhlakmu?” tanya Zakaria kepada Husen. “ Boleh sekali Zakaria, tapi ingat! tolong dijaga jangan sampai rusak dan hilang ya?” jawab Husen. Zakaria akhirnya membawa bukunya pulang dan menjaga buku tersebut dengan baik agar tidak rusak. Beberapa hari kemudian Zakaria mengembalikan buku tersebut kepada Husen dalam keadaan baik dan Zakaria mengucapkan terima kasih kepada Husen karena telah meminjamkan bukunya Kita harus bisa menjaga amanat yang telah diberikan oleh orang lain kepada kita, karena jika tidak menjaganya berarti kita tidak dapat dipercaya oleh orang yang memberikan amanat tersebut

Mengapa Zakaria menjaga dan merawat buku pinjamannya dengan baik? 
Apa akibatnya jika Zakaria tidak menjaga amanah dengan baik? 
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang sifat amanah dari cerita di atas?



B. Perilaku Amanah dalam Kehidupan sehari-hari 

Orang yang bersifat amanah akan disenangi banyak orang dan dipercaya orang lain. Amanah adalah sifat tidak berkhianat atas kepercayaan yang diberikan. Misalnya, kamu disuruh ibu guru untuk menyampaikan surat dari kepala sekolah. Surat itu adalah surat teguran karena kamu tidak masuk sekolah selama beberapa hari, namun karena kamu takut akan dimarahi, kamu tidak menyampaikan surat tersebut kepada orang tuamu. Itu artinya kamu tidak amanah. Perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari dapat diwujudkan melalui kegiatankegiatan sebagai berikut: 
  • Menjaga titipan dan mengembalikannya seperti keadaan semula. Apabila kita dititipi sesuatu oleh orang lain, misalnya barang berharga, emas, rumah, atau barang-barang lainnya, maka kita harus menjaganya dengan baik. Pada saat barang titipan tersebut diambil oleh pemiliknya, kita harus mengembalikannya seperti semula. 
  • Menjaga rahasia. Apabila kita dipercaya untuk menjaga rahasia, baik itu rahasia pribadi, rahasia keluarga, rahasia organisasi, atau rahasia negara, maka kita wajib menjaganya supaya tidak bocor kepada orang lain. 
  • Tidak menyalahgunakan jabatan. Jabatan adalah amanah yang wajib dijaga. Apabila kita diberi jabatan apa pun bentuknya, maka kita harus menjaga amanah tersebut. Segala bentuk penyalahgunaan jabatan untuk kepentingan pribadi, keluarga, atau kelompok termasuk perbuatan yang melanggar amanah. 
  • Memelihara semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. berupa umur, kesehatan, harta benda, ilmu, dan sebagainya. Semua nikmat yang diberikan oleh Allah Swt. kepada umat manusia adalah amanah yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

C. Hikmah Berperilaku Amanah 

Orang yang amanah selalu taat kepada Allah Swt dan Rasul-Nya, berperilaku sopan, tidak menceritakan rahasia orang lain, tidak menggunakan titipan barang yang dititipkan, dan juga tidak bergunjing (bergosip) Tidak jarang seseorang menerima titipan dari seseorang, baik itu informasi maupun suatu benda. Titipan tersebut adalah suatu bentuk amanah yang diberikan oleh orang lain kepada seseorang. Menjaga titipan tersebut dengan baik dan menyerahkannya kepada orang yang berhak merupakan bentuk pelaksanaan suatu amanah. Jika ada hal-hal yang diluar kendali yang menyebabkan titipan tersebut rusak atau tidak dapat kembali ke pemiliknya, meskipun gagal menjalankan amanah tapi sebenarnya hal tersebut bukan suatu bentuk penghianatan. Orang yang tidak amanah disebut khianat. Khianat artinya tidak dapat dipercaya. Siswa yang berkhianat pasti akan dijauhi teman. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menghindari sifat tersebut.
Adapun hikmah dari berperilaku amanah adalah: 
  • Dipercaya orang lain, ini merupakan modal yang sangat berharga dalam menjalin hubungan atau berinteraksi antara sesama manusia. 
  • Mendapatkan simpati dari semua pihak, baik kawan maupun lawan. 
  • Hidupnya akan sukses dan dimudahkan oleh Allah Swt. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOTOSINTESIS