TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6 "TEMATIK KELAS 4"

"TEMATIK KELAS 4"
TEMA 3 SUBTEMA 2 
Pembelajaran 6





Apakah kamu masih ingat cara bermain Lompat Katak menggunakan bola kecil? Hari ini kamu dan teman-temanmu akan mempraktikkan kembali permainan Lompat Katak tersebut. Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu semakin terampil. 

Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan bagaimana cara memainkan permainan tersebut. Diskusikan strategi yang akan kamu terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.




Sekarang saatnya kamu memainkan permainan Lompat Katak. Perhatikan instruksi yang diberikan oleh gurumu. Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan ini dengan menjawab pertanyaan berikut. Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?Sekarang saatnya kamu memainkan permainan Lompat Katak. Perhatikan instruksi yang diberikan oleh gurumu. Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan ini dengan menjawab pertanyaan berikut. Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?



Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?




Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?


Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara. Kamu juga telah menyortir pertanyaan, berlatih melakukan wawancara dengan teman, dan mengetahui sikap dan keterampilan dalam melakukan wawancara. 
Diskusikan kembali secara berkelompok sikap dan keterampilan yang baik dalam melakukan wawancara. Tuliskan hasil diskusi dalam bentuk peta pikiran pada kolom berikut:


Setelah pulang sekolah, kamu akan melakukan wawancara tentang tumbuhan atau hewan. Kamu bisa memilih salah satu, tumbuhan atau hewan. Setelah melakukan wawancara, kamu akan menulis laporan. 
Sebelum melakukan kegiatan tersebut, kamu akan belajar tentang cara menulis laporan berdasarkan hasil wawancara.


Format Menulis Laporan Hasil Wawancara 
I. Latar Belakang 
Menuliskan alasan melakukan wawancara. 
Contoh: Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang tumbuhan dan hewan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami. 


II. Maksud dan Tujuan 
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara. 
Contoh: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai hewan dan tumbuhan di sekitar tempat tinggal kami, yang meliputi karakteristik tumbuhan dan hewan dan kaitannya dengan tempat hidupnya serta hak dan tanggung jawab terhadap lingkungan. 


III. Topik Wawancara 
Menuliskan topik wawancara 
Contoh: Tumbuhan dan Hewan di Sekitarku

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan 
Menuliskan waktu dan tempat wawancara. 
Contoh: Wawancara ini dilaksanakan pada: Hari / Tanggal : Sabtu, 19 November 2016 Waktu : pukul 08.00 – 09.00 Tempat : Kampung Mekar Jaya 


V. Laporan Hasil Wawancara 
Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancara. 
Contoh: 
- Narasumber : Bapak Kurniawan 
- Pewawancara: Lani 
- Hasil Wawancara Pada hari Sabtu, 19 November 2016, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan wawancara kepada Bapak Kurniawan tentang tumbuhan di sekitar tempat tinggalku ..... 


VI. Kesimpulan 
Menuliskan kesimpulan


=================================================================



Amati setiap bagian pada format laporan di atas. Kamu dapat menanyakan dan mendiskusikan dengan guru jika ada hal-hal yang perlu kamu ketahui lebih lanjut.




Sebelumnya kamu telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang ada di sekitar kita. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi.
Tulis apa saja yang kamu ketahui terkait dengan hewan langka!


::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::


Baca teks berikut
Lestarikan Hewan Langka
Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain: 
1. melakukan penangkaran hewan langka. 
2. mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, 
    misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional. 


Dengan melindungi hewan langka kita dapat: 
1. menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi  tetap berjalan dengan 
    baik; 
2. melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu  pengetahuan dan 
    masyarakat; 
3. memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan. 




Jawab pertanyaan berikut.
  1. Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka?
  2. Apa yang terjadi jika terdapat hewan yang punah?
  3. Apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka?
  4. Tuliskan himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka.
  5. Apa kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan langka?
  6. Apa yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan? Diskusikan hasil jawabanmu dengan teman sekelompok.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOTOSINTESIS