INDAHNYA KALIMAT THAYYIBAH (AA KELAS 4)


INDAHNYA KALIMAT 

TAYYIBAH 




A. SUBHANALLAH 


Ayo amati gambar berikut! 

Lafadz (bacaan) saat melihat petir

Gambar Badai Petir 




Apa yang kamu lihat pada gambar tersebut? 
......................................................................................................................................................................
Apa kalimat tayyibah yang kamu ucapkan ketika melihat peristiwa seperti pada gambar tersebut?
...................................................................................................................................................................... 
Mengapa kita dianjurkan mengucapkan subhanallah ketika melihat atau mendengarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan keagungan Allah,? 
......................................................................................................................................................................





AYO MEMBACA 

Indahnya Bertasbih 


Kalimat “Subhanallah” yang mempunyai arti Maha Suci Allah. Secara bahasa ungkapan subhanallah berarti aku menyucikan Allah dari sifat-sifat yang tidak layak untuk-Nya. 

Sayyidah „Aisyah dalam sebuah riwayat menyebutkan bahwa orang Arab ketika mendapati sesuatu yang tidak mereka inginkan dan mereka berkeingina n untuk mengangungkan Allah Swt mereka mengucapkan “subhan”. 

Ketika seseorang menyaksikan atau mendengarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan keagungan Allah Swt. maka seseorang dianjurkan untuk mengungkapkan “Subhanallah”. Tujuannya adalah untuk menyucikan Allah dari berkurangnya keagungan-Nya, atau menyucikan Allah dari sifat-sifat kekurangan. 

Kalimat Subhanallah disebut juga bacaan tasbih. Kalimat tasbih adalah ungkapan untuk memuji Allah Swt. Zat yang paling suci di alam semesta ini hanyalah Allah Swt, maka sesuai dengan artinya, kalimat ini mengandung makna penyucian nama dan Zat Allah Swt. Nama Allah harus tetap suci dari segala bentuk kemusyrikan dan kekurangan. Karena Allah-lah pemilik segala kesempurnaan. 

Semua yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah Swt, memuji kebesaran Allah Swt. Firman Allah, dalam surah al-Jumuah:1 

يُسَبِّحُ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ الۡمَلِكِ الۡقُدُّوۡسِ الۡعَزِيۡزِ الۡحَكِيۡمِ
Artinya: 

"Apa yang ada di langit dan apa yang ada dibumi senantiasa bertasbih kepada Allah. Maharaja, Yang Maha Suci, Yang Maha perkasa,Maha Bijaksana. (Q.S. Al-Jumu'ah: 1) 



Bertasbih artinya mengakui keagungan Allah Swt. t idak ada yang berkuasa selain Allah Swt dan mengakui kelemahan serta keterbatasan kita sebagai manusia yang tidak memiliki daya dan kekuatan. 

Kalimat tayyibah Subhanallah juga diucapkan ketika mengingatkan imam dalam salat ketika lupa bacaan atau gerakan salat bagi makmum laki -laki, berzikir sesudah salat fardhu, dan mendengar kejadian luar biasa. 
Dengan bertasbih akan mendekatkan diri kepada Allah Swt, menambah keimanan kepada Allah Swt, menambah pahala, dan menjauhkan diri dari perbuatan syirik 



Diskusikan dengan kelompokmu setelah selesai presentasikan ke depan kelas! Kapan kamu harus mengucapkan kalimat tayyibah subhanallah? 

  1. Mengapa kamu harus mengucapkan kalimat tayyibah subhanallah? 
  2. Apa akibatnya jika kalian terbiasa mengucapkan kalimat tayyibah subhanallah? 
  3. Kalimat yang baik adalah kalimat yang tertanam dalam hati sehingga membuat keyakinan dan keimanan menjadi lebih teguh dan tenteram 
Masyaa Allah merupakan salah satu dari kalimat tayyibah yang yang diucapkan ketika seseorang melihat hal yang baik atau indah sebagai ekspresi penghargaan sekaligus pengingat bahwa semua itu bisa terjadi hanya karena kehendak -Nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOTOSINTESIS