BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH -AQIDAH AKHLAQ KELAS 4

BERIMAN KEPADA 

KITAB-KITAB ALLAH






Iman kepada kitab-kitab Allah berarti membenarkan bahwa semua kitab itu diturunkan Allah Swt. Percaya atau beriman kepada kitab kitab Allah Swt. merupakan rukun iman yang ketiga. Kitab kitab Allah Swt. adalah kitab kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada rasul -rasul- Nya sebagai rahmat dan petunjuk bagi seluruh umat manusia agar bahagia hidup di dunia maupun di akhirat.


A. Mengenal Kitab-Kitab Allah Swt

Kita wajib meyakini keberadaan Kitab-kitab Allah Swt. Kitab adalah kumpulan firman Allah Swt. yang diwahyukan kepada rasul-Nya. Diantara Kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya adalah Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur'an. Ayo untuk lebih jelasnya kita cermati 

Kitab-kitab Allah berikut ini:

KITAB TAURAT

 Taurat artinya Syariat/Perintah
 Diturunkan kepada Nabi Musa As
 Berisi tentang: keyakinan untuk menyembah Allah Swt serta larangan menyembah berhala. Taurat juga menjelaskan perihal tentang kabar gembira atas kedatangan Nabi Muhammad Saw.

KITAB ZABUR

 Zabur artinya tulisan
 Diturunkan kepada Nabi Daud
 Berisi tentang : beberapa Dzikir, Pengajaran dan Hikmah. Kitab Zabur merupakan petunjuk atau wahyu dari Allah untuk Bani Israil.



KITAB INJIL

Injil artinya kabar gembira Diturunkan kepada Nabi Isa Berbahasa Yunani
Berisi tentang: keterangan dan ajaran –ajaran yang membenarkan atau memperkuat ajaran yang terdapat pada kitab-kitab sebelumnya.

AL-QURAN

Al-Quran artinya bacaan
Diturunkan kepada nabi Muhammad Saw
Berbahasa Arab
Berisi tentang : akidah dan keimanan , ibadah, penciptaan manusia, kisah-kisah, hubungan manusia dengan Allah dan petunjuk untuk keluarga, bermasyarakat dan bernegara.


MEYAKINI KITAB-KITAB ALLAH

Beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt. merupakan rukun Iman yang ketiga. Kitab- kitab Allah adalah Kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada rasul-rasul-Nya sebagai rahmat dan hidayah bagi seluruh umat manusia agar mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Allah Swt. berfirman dalam Al-Qur'an Surah An-Nisa ayat 136:

 


Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada Kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta Kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab- Nya, Rasul-rasul-Nya, dan hari Kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh - jauhnya. (QS. An-Nisa 4:136)



Allah Swt. menurunkan kitab-kitab-Nya supaya manusia dapat melaksanakan keadilan
Allah Swt. berfirman sebagai berikut:



Artinya:

Sungguh Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan Kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil (QS. Al-Hadid 57:25)




B. Menyakini Kitab Kitab Allah 

Meyakini Kitab-kitab Allah Swt. berarti mempercayai bahwa Allah Swt. menurunkan ajaran-ajaran-Nya dalam sebuah kitab kepada para nabi dan rasul untuk dijadikan petunjuk bagi umat manusia. Kewajiban manusia terhadap Kitab-kitab Allah Swt. Di antaranya adalah: 

a. Mempercayai adanya empat Kitab-kitab Allah Swt. 
b. Mempercayai bahwa seluruh kitab tersebut datangnya dari Allah Swt. 
c. Membenarkan berita-berita tentang Kitab-kitab terdahulu dalam Al-Quran. d. Mengamalkan hukum-hukum dari al-Quran 

Kitab yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul, menjadi petunjuk bagi umatnya masing - masing. Namun setelah datangnya al-Quran maka semua umat manusia harus mengikuti al- Quran, karena al-Quran merupakan penyempurna syariat dan ajaran umat-umat sebelumnya. Hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt. diantaranya: 

a. Menyadari bahwa Allah Swt. sangat sayang kepada kita sehingga harus banyak bersyukur. 
b. Selalu melaksanakan perintah Alla h Swt. dan menjauhi segala larangan larangan-Nya,  karena kita tahu hukum-hukum yang ditetapkan Allah Swt. 
c. Meyakinkan kita bahwa Islam adalah agama untuk seluruh umat manusia. Mengetahui kebesaran dan keagungan Allah Swt. melalui kitab-kitab yang diturunkan-Nya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOTOSINTESIS